Ini Cara yang Paling Tepat agar Nyaman Menggunakan Twitter

 Ini Cara yang Paling Tepat agar Nyaman Menggunakan Twitter – Sejak diperkenalkan di tahun 2006 lalu, secara pasti Twitter berhasil meraih hati para pengguna media sosial. Bahkan hingga kini, Twitter sendiri masih ramai digunakan dan hampir semua yang trending di sana, akan menjadi acuan di media sosial lainnya.

Nyaman Menggunakan Twitter

Tingginya peggunaan media sosial nyatanya tidak lepas dari segala macam perundungan, yang menyebabkan penggunanya trauma, dan segala macamnya. Untuk itu Twitter pun terus berupaya melakukan ekosistem media sosial yang lebih baik.

Jejaring sosial mikroblogging ini sejak tahun 2020 aktif memperbarui berbagai kebijakan, terutama untuk konten yang bisa membahayakan penggunanya. Mulai dari konten berisikan manipulasi, ujaran kebencian, hoaks, dan lain sebagainya.

Bahkan di tahun tersebut, Twitter juga mengambil sejumlah langkah signifikan, untuk menanganinya. Di mana diketahui, ada peningkatan sebesar 105% pada akun yang ditindak, baik itu dikunci maupun ditangguhkan karena melanggar peraturan.

Jadi bagaiaman sebaiknya agar Anda nyaman dan merasa jauh lebih aman menggunakan media sosial ini, berikut ini adalah sejumlah tipsnya.

Auntentifikasi Dua faktor

Tips pertama agar nyaman menggunakan Twitter, maka Anda sebaiknya mengaktifkan auntentifikasi dua faktor. Mulai dari verifikasi masuk dan verifikasi kata sandi. Berikutnya, setelah fitur tersebut diaktifkan, maka Anda akan membutuhkan kata sandi sebagai alternatif untuk masuk ke Twitter.

Di sini Anda bisa menggunakan kode, konfirmasi login melalui aplikasi, atau kata kunci yang sudah dibuat sebelumnya.

Fleets

Berikutnya, sebaiknya Anda menggunakan fitur Fleets yang sudah dikenal di negara ini sejak 19 November 2020 lalu. Dari hasil penelitian, Fleets sendiri ternyata mampu membuat orang menjadi lebih nyaman terutama saat bergabung dalam sebuah percakapan.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Twitter, bahwa penggunanya lebih aktif dengan adanya fitur Fleets. Fitur ini benar-benar bisa memberikan kebebasan untuk mengekspresikan diri, di mana beberapa tweet yang di posting, bisa disembunyikan dan bisa diatur melalui fitur penganturan.

DM

Berikutnya agar nyaman menggunakan Twitter, maka Anda bisa memilih fitur Dierct Message atau DM, agar tidak menerima pesan yang tidak diinginkan. Anda bisa menonaktifkan pengaturan dengan tidak mencentang kotak di samping “Terima Direct Message dari Siapa pun”. Fitur tersebut ada di setting Privasi dan Keamanan di Twitter.

Fitur DM ini memungkinkan Anda agar bisa menghubungi pengguna Twitter lainnta secara pribadi. Fitur ini seperti sebuah ruang khusus yang tidak  bisa diketahui oleh pengguna lainnya.

Advanced Filter

Fitur berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah pengatiran Advanced Filter. Dari fitur ini, Anda bisa mengontrol apa yang ingin dilihat, siapa yang akan diajak berinteraksi saat menggunakan media sosial tersebut.

Advanced Filter atau Pengaturan Penyaringan Lanjutan ini memungkinkan Anda menonaktifkan sejumlah notifikasi dari akun yang ingin dihindari. Menariknya, jika akun Anda tiba-tiba menarik perhatian banyak orang, Twitter akan memberikan notifikasi pada panel notifikasi Twitter Anda.

Sehingga akhirnya Anda bisa mengatur penyaringan tersebut dan melalukan kontrol dengan lebih  baik.

Blokir

Tips terakhir agar nyaman menggunakan Twitter adalah melakukan pemblokiran terhadap tweet yang tidak Anda inginkan. Anda bisa langsung melaporkan cuitan tersebut ke Twitter. Selain cuitan, Anda bisa melaporkan akun, list, hingga DM yang tidak diharapkan.

Dari fitur blokir tersebut, Twitter bisa membatasi aktivitas akun teresbut bahkan bisa melakukan pemblokiran. Di mana penggunanya tidak bisa lagi mendapatkan notifkasi jika mendapat mention atau re-tweet, dan tidak bisa melihatr interaksi apa pun di akunnya.

Itu dia tips agar nyaman menggunakan Twitter. Tips di atas sepertinya memang harus segera Anda lakukan bila sudah mulai merasa tidak nyaman dengan akun seseorang yang kerap mengganggu.

0 Comments

Posting Komentar