Manfaat dan Fungsi Teknologi Informasi

 Manfaat dan Fungsi Teknologi Informasi - Teknologi informasi merupakan suatu studi implementasi, perancangan, pengembangan atau manajemen dari sistem informasi yang berbasis komputer. Khususnya beberapa teknologi yang merupakan perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software.

Fungsi teknologi informasi

Tidak hanya penting sebagai alat komunikasi teknologi informasi pun perangkat yang cukup penting untuk dimiliki dalam berbagai bidang bisnis untuk sarana koordinasi serta untuk pengarsipan dokumen dokumen penting. Fungsi teknologi informasi dapat diterapkan untuk pengelolaan informasi si yang saat ini menjadi menjadi bagian penting untuk dapat meningkatkan kompleksitas dari tugas manajemen dan beberapa hal lain yang terkait.

Hadirnya teknologi informasi tentu saja memiliki fungsi yang penting. pasti selalu ada pengaruh penting dalam kehidupan dari setiap teknologi yang ada. tentu saja kita perlu mengetahui dan memahami fungsi serta manfaat dari suatu teknologi agar dapat mengaplikasikannya dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah fungsi dari teknologi informasi yang perlu untuk diketahui.

Capture

Capture dapat diartikan sebagai menangkap. Namun dalam fungsi teknologi informasi, yang dimaksud dengan menangkap adalah menginput. Contohnya input dari mic, scanner, keyboard, dan yang sejenis. Hal ini tentu saja sudah tidak asing ketika dipakai untuk menyimpan informasi tertentu.

Processing

Manfaat dan fungsi teknologi informasi selanjutnya adalah processing atau pengolah. Yaitu mengkompilasikan dari catatan rinci aktivitas setelah menerima input. Processing ini akan lebih mempermudah proses proses pengolahan file ataupun data yang dimiliki.

Adapun proses pengolahan atau pemrosesan data dapat juga berupa konversi yaitu pengubahan data ke bentuk lain, atau analisis kondisi, kalkulasi atau perhitungan, dan penggabungan dari segala bentuk data dan juga informasi. Tentu saja hal ini akan memudahkan bagi pengguna.

Generating

Manfaat dan fungsi teknologi informasi selanjutnya adalah generating. Yaitu peran teknologi sebagai alat untuk mengorganisasikan suatu informasi kedalam bentuk yang lebih mudah dipahami dan lebih terarah. Contohnya adalah seperti grafik dan tabel.

Storage

Fungsinya adalah merekam atau menyimpan data serta informasi ke dalam suatu media yang kemudian dapat digunakan untuk keperluan lainnya. Seperti penyimpanan terhadap hardisk, CD dan lain sebagainya.

Retrieval

Fungsi yang satu ini adalah sebagai pencarian kembali atau menelusuri untuk mendapatkan kembali informasi serta menyalin data yang sudah tersimpan. Karena terkadang data yang telah tersimpan lama pun sulit untuk ditemukan karena sudah terlalu bertumpuk dan banyak. Tentu saja hal ini akan mempermudah bagi pengguna.

Transmission

Manfaat dan fungsi teknologi informasi yang terakhir adalah sebagai transmisi. Yaitu mengirim data serta informasi dari satu lokasi ke lokasi lain melalui jaringan komputer. Hal ini biasanya dilakukan seperti mengirimkan data dengan cara sharing tanpa perlu menyalin satu persatu.

Teknologi informasi ini memiliki manfaat yang sangat luas dan terkait dengan aktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan saat ini teknologi informasi telah menjadi penunjang kehidupan yang lebih baik, karena dapat membantu aktivitas sehari-hari menjadi lebih efisien dan efektif.

Teknologi ini memiliki manfaat yang banyak terhadap masing-masing bidang seperti untuk pendidikan, industri dan manufaktur, bisnis dan perbankan,  militer, teknik dan pengetahuan, kedokteran, pemerintahan, hingga pada bidang hiburan dan permainan.

Seluruhnya dapat digunakan berdasarkan manfaat dan fungsi teknologi informasi sesuai dengan kebutuhan. Kehadiran teknologi informasi telah menjadi solusi untuk membantu kegiatan yang berhubungan dengan informasi dan data agar menjadi lebih efisien dan efektif. Sebelum penggunaannya, diperlukan pemahaman agar tidak sembarangan menggunakan sehingga tidak menimbulkan kesalahan penggunaan.

0 Comments

Posting Komentar