Podcast di Facebook? Kapan Rilisnya!

 Podcast di Facebook? Kapan Rilisnya! – Salah satu fitur teknologi yang banyak digunakan saat ini adalah podcast. Sekilas dianggap sama, namun berkas digital berupa audio ini, merupakan audio non-streaming yang sangat berbeda dengan radio.

Podcast di Facebook

Siapapun yang ingin mendengarkan podcast, maka harus mengunduhnya terlebih dahulu. Di mana jika sudah diunduh maka bisa di dengar ulang, kapan saja. Ini juga yang menjadi pembeda antara radio dan podcast.

Pertama kali muncul dalam sebuah artikel di surat kabar The Guardian, yang ditulis oleh Ben Hammersley pada tahun 2004 lalu. Podcast sendiri berawal dari kata pod singkatan dari Playable on Demand yang dirancang untuk Ipod dan Mac saja.

Seiring berjalannya waktu, di tahun 2007 tepatnya, podcast semakin booming dan populer. Bahkan hingga saat ini, poularistasnya semakin berkembang, di Indonesia sendiri baru di taun 2012, podcast terbiasa digunakan.

Facebook Menyediakan Layanan Podcast

Melihat tingginya respon penggunaan podcast, membuat Facebook tertarik untuk menggunakannya. Sebenarnya informasi ini telah disampaikan Facebook melalui pemberitahuan via email beberapa waktu lalu kepada beberapa penggunanya.

Podcast di Facebook rencananya akan diperkenalkan pada hari ini, 22 Juni 2021 akan menambahkan berbagai fitur, yang memungkinkan pendengarnya membuat klip dari acara yang mereka favoritkan. Di mana host podcast bisa menautkan umpan RSS pada acara mereka di media sosial tersebut, hingga secara otomatis semua postingan akan terbit.

Seperti yang Anda ketahui, bahwa Facebook merupakan wadah yang sangat menyenangkan, di mana setiap orang mampu melakukan diskusi, dan lain sebagainya. Dan kini ditambah dengan fitur podcast yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan para pengguna Facebook.

Untuk Anda yang ingin menjadi podcaster di Facebook, akan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Bahkan akan ada perjanjian yang relatif standar, namun belum dijelaskan sejauh apa batasan yang akan diberlakukan, namun Anda bisa mencari tahu lebih detail di Facebook Podcast Terms of Service.

Ada pun salah satu opsi yang ditawarkan bagi Anda yang ingin mendistribusikan karya melalui podcast, adalah bisa memtuskan apakah Anda akan mengaktifkan klip atau tidak. Podcast sendiri bisa digunakan untuk durasi satu menit saja. Meski begitu, diharapkan mampu menningkatkan visibilitas dan keterlibatan para penggunanya.

Sama halnya seperti streamer twitch yang kerap membagikan klik pendek mereka, ini pun diterapkan oleh Facebook pada podcast-nya. Setidaknya dengan adanya podcast di Facebook, akan semakin meningkatkan pengguna media sosial ini untuk berbagai kebutuhan, hingga kemungkinan untuk meninggalkannya tidak akan terjadi.

Kemungkinan lain yang juga bisa terjadi adalah. Adanya potensi iklan di podcast, yang memungkinkan para podcaster bisa mendapatkan penghasilan.

Sebetulnya di awal pandemi di bulan Februari – Maret 2020 lalu, bisnis podcat sempat mengalami penurunan hingga 10 persen. Namun nyatanya tidak butuh waktu lama, audio digital ini kembali pulih bahkan melambung ke generasi baru.

Hal ini dikarenakan orang-orang cenderung lebih senang mendengarkan podcast, karena memang tidak bisa bepergian dan hanya bisa tinggal di dalam rumah.

Mungkin dengan berbagai alasan tersebut akhirnya Facebook pun melirik podcast sebagai cara yang tepat untuk meningkatkan stabilitasnya. Dan ini tentu saja menyusul berbagai media sosial lainnya yang telah lebih dulu memperkenalkan podcast.

Itu dia informasi singkat mengenai Podcast di Facebook, bagi Anda tentu ini adalah hal yang sangat menarik, bukan? Di mana kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dan berbagi informasi bisa didapat dengan cara yang mudah.

0 Comments

Posting Komentar